Analisa Putusan Pemutusan Hubungan Kerja Karena Pekerja Menolak Mutasi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (Studi Kasus Putusan Pengadian Hubungan Industrial Nomor 253/Pdt.Sus-Phi/2017/Pn.Bdg Juncto Putusan Mahkamah Agung Nomor 762 K/Pdt/2018)

Damrah, Muhammad Chalis (2021) Analisa Putusan Pemutusan Hubungan Kerja Karena Pekerja Menolak Mutasi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (Studi Kasus Putusan Pengadian Hubungan Industrial Nomor 253/Pdt.Sus-Phi/2017/Pn.Bdg Juncto Putusan Mahkamah Agung Nomor 762 K/Pdt/2018). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN TESIS.pdf

Download (7kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis Putusan Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadian Negeri Bandung No. 253/Pdt.Sus-PHI/2017/Pn.Bdg juncto Putusan Mahkamah Agung No. 762 K/Pdt.Sus-PHI/2018 dengan Undang-undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan menganalisa tentang hak dan perlindungan hukum bagi pekerja yang di putus hubungan kerjanya karena menolak mutasi. Penelitian dalam Tesis ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan cara penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan yang diperoleh dari data primier dan data sekunder. Penelitian ini juga dilakukan dengan mewawancarai narasumber dari pihak pengusaha atau perusahaan yang memutus hubungan kerja dengan pekerja karena pekerjanya menolak mutasi sehingga data kepustakaan maupun data lapangan dapat dianalisis secara kualitatif yang hasilnya disajikan secara deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan terhadap pekerja ternyata bukan semata-mata karena pekerja melakukan penolakan mutasi melainkan sejak dilakukan mutasi, pekerja tersebut tidak masuk kerja selama 5 (lima) hari terus menerus walaupun pekerja tersebut telah dipanggil secara tertulis oleh perusahaan sebanyak 2 (dua) kali surat panggilan, namun pekerja tersebut tetap tidak masuk kerja, maka perusahaan memutus hubungan kerja karena pekerja dianggap mangkir dan secara hukum dianggap telah mengundurkan diri sesuai dengan Pasal 168 Undang-undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan sehingga pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan telah sesuai dengan perturan perundang-undangan, dan peraturan perusahaan serta dikuatkan dengan adanya putusan pengadilan. (F) Acuan : 39 buku (1958-2020) + 3 Jurnal, 4 Perundang-undanggan, 2 Putusan dan 1 Internet. (G) Pembimbing : Prof. Dr. Amad Sudiro S.H., M.H., M.M., MKn. (H) Penulis : Muhammad Chalis Damrah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Amad Sudiro S.H., M.H., M.M., MKn.
Uncontrolled Keywords: Pemutusan Hubungan Kerja, Mutasi, dan Kepastian Hukum
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 May 2021 02:56
Last Modified: 24 May 2021 02:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29374

Actions (login required)

View Item View Item