PENGARUH PERUBAHAN HARGA EMAS DUNIA, PERUBAHAN JIBOR, PERUBAHAN KURS USD/IDR, DAN PERUBAHAN KURS CNY/IDR TERHADAP RETURN SAHAM-SAHAM PERBANKAN PERIODE OKTOBER 2014 – OKTOBER 2019

FREDERICA, CLARA (2020) PENGARUH PERUBAHAN HARGA EMAS DUNIA, PERUBAHAN JIBOR, PERUBAHAN KURS USD/IDR, DAN PERUBAHAN KURS CNY/IDR TERHADAP RETURN SAHAM-SAHAM PERBANKAN PERIODE OKTOBER 2014 – OKTOBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
CLARA FREDERICA 115160300 JA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Return saham membatu investor untuk melihat gain yang didapatkan jika mereka memutuskan untuk memilih suatu invetasi saham. Return saham ini dihitung dari perbedaan harga per bulan. Dalam penelitian ini, faktor makro yaitu perubahan harga emas dunia, JIBOR, kurs USD/IDR, dan kurs CNY/IDR yang digunakan sebagai prediktor atas return saham. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan perbankan di Indonesia pada periode Oktober 2014 - Oktober 2019. Metode yang digunakan dalam menentukan kemampuan prediksi variabel independen adalah analisis regresi berganda data panel dengan menggunakan perangkat lunak e-views 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan harga emas dunia dan perubahan kurs USD/IDR mempengaruhi secara negatif dan tidak signifikan terhadap return saham perbankan. Perubahan JIBOR mempengaruhi secara positif namun tidak signifikan terhadap return saham perbankan. Yang menarik adalah perubahan kurs CNY/IDR yang mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap return saham perbankan berbeda hasilnya dengan kurs USD/IDR. Hal ini dapat disebabkan oleh kiblat Indonesia yang lebih mengarah ke China dalam kegiatan ekonominya daripada ke Amerika, sehingga perubahan kurs CNY/IDR lebih signifikan mempengaruhi return saham perbankan dibanding perubahan kurs USD/IDR di Indonesia. Drs. Maswar Abdi, M.E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:38
Last Modified: 26 Aug 2021 04:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item View Item