Standar Kecantikan Perempuan Berhijab dalam Iklan Televisi (Analisa Semiotika Iklan Wardah Versi Feel The Beauty)

Christinawati, Christinawati (2020) Standar Kecantikan Perempuan Berhijab dalam Iklan Televisi (Analisa Semiotika Iklan Wardah Versi Feel The Beauty). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract This research is to provide knowledge and insight to the reader. This research is about the standard of hijab women's beauty in television commercials (Semiotic analysis to Wardah version of Feel The Beauty). The thing to be discussed is the message to be conveyed through the advertisement by asking Wardah. Received responses from Wardah users in Jakarta. The beauty standard of social media construction is television through advertisement shows. The theory used in this study, namely beauty, mass media, television advertising as mass communication and social construction of advertising in mass media. This research is a descriptive qualitative research, interpreting sign through semiotic analysis with Roland Barthes theory by using denotation, connotation and myth. Conduct interviews with Wardah and women who use Wardah products. The results showed that the woman's beauty standards not only from outside, including from within yourself. The women placed in the advertisements also seem to fit the message that they want to convey. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan wawasan kepada pembaca. Penelitian ini tentang standar kecantikan perempuan berhijab dalam iklan televisi (Analisis semiotika iklan Wardah versi Feel The Beauty). Hal yang ingin dibahas yaitu, pesan yang ingin disampaikan melalui iklan tersebut dengan bertanya kepada pihak Wardah. Mendapat tanggapan tentang iklan tersebut dari pengguna pihak Wardah yang berada di Jakarta. Adanya standar kecantikan dari konstruksi sosial media yaitu televisi melalui tayangan iklan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu kecantikan, media massa, iklan televisi sebagai komunikasi massa dan konstruksi sosial iklan dalam media massa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, memaknai tanda melalui analisis semiotika dengan teori Roland Barthes dengan menggunakan denotasi, konotasi dan mitos. Melakukan wawancara mendalam dengan pihak Wardah dan perempuan yang menggunakan produk Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar kecantikan perempuan itu tidak hanya dari luar saja termasuk dari dalam diri. Perempuan yang berada di dalam iklan pun terlihat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Keywords advertisement; beauty; veil; hijab; iklan; Kecantikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 02:32
Last Modified: 25 May 2021 02:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29391

Actions (login required)

View Item View Item