AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, KADAR FENOLIK DAN ALKALOID TOTAL SERTA UJI TOKSISITAS EKSTRAK METANOL BUAH LECI (L1TCHICH1NENSIS SONN)

KURNAIN, DAVE NICANDER (2020) AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, KADAR FENOLIK DAN ALKALOID TOTAL SERTA UJI TOKSISITAS EKSTRAK METANOL BUAH LECI (L1TCHICH1NENSIS SONN). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Litchi chinensis Sonn. merupakari buah asli dari China Selatan yang telah dibudidayakan di beberapa negara seperti Thailand Vietnam, dan India. Buah ini banyak di pasarkan dalam bentuk buah langsung atau yang sudah dikemas. Dari penelitian terdahulu dikatakan buah leci mengandung kadar antioksidan dan berpotensi sebagai anti-mitosis. Ketidak seimbangan antara antioksidan dan oksidan dapat menyebabkan keadaan stress oksidatif yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Analisa kapasitas antioksidan menggunakan DPPH dengan metoda blois terhadap ekstrak buah litchi chinensis Sonn. yang menggunakan teknik maserasi dengan methanol. Didapatkan hasil dalam persamaan linear dan dihitung nilai IC50. Didapatkan hasil IC50 sebesar 208,714 pg/mL. Uji fitokimia dengan metode Harborne juga dilakukan untuk mendeteksi senyawa sekunder pada ekstrak. Didapatkan hasisl bahwaekstrak buah leci mengandung senyawa alkaloid, antosianin dan betasianin, kardioglikosida, glikosida, flavonoid, fenol, kuinon, terpenoid dan tannin. Uji toksisitas dengan metoda meyer juga dilakukan dengan menggunakan larva Artemia salina dan didapatkan persamaan linear dan dihitung nilai LC50. Didapatkan nilai LC50 sebesar 340.65 pg/mL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rizal, Helmi
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:41
Last Modified: 27 May 2024 14:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29397

Actions (login required)

View Item View Item