PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE KEUANGAN DAN UTILISASI ASET TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR BARANG KONSUMSI PADA PERIODE 2016-2018

ANISTON, ELINDA (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE KEUANGAN DAN UTILISASI ASET TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR BARANG KONSUMSI PADA PERIODE 2016-2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ELINDA ANISTON 115160141 JA.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage keuangan, utilisasi aset terhadap nilai pasar perusahaan yang dimediasi oleh profitabilitas. Penelitian ini menggunakan data panel yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan masing-masing perusahaan yang terdaftar di website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Populasi yang digunakan adalah 36 perusahaan sub sektor barang konsumsi di perusahaan manufaktur. Melalui metode purposive sampling, sampel penelitian yang digunakan menjadi 27 perusahaan selama periode 2016-2018 dengan jumlah data sebanyak 81. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan PLS-SEM menggunakan software SmartPLS 3.2.8. Penelitian ini menemukan bahwa ukuran perusahaan dan utilisasi aset tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan leverage keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan dan utilisasi aset tidak memiliki pengaruh terhadap nilai pasar perusahaan yang dimediasi profitabilitas. Leverage keuangan memiliki pengaruh terhadap nilai pasar perusahaan yang dimediasi profitabilitas. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Leverage Keuangan, Utilisasi Aset, iProfitabilitas, Nilai Pasar Perusahaan Dr. Sarwo Edy Handoyo, S. E., M. M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:16
Last Modified: 25 Aug 2021 07:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29415

Actions (login required)

View Item View Item