PROPORSI KELAINAN STRUKTUR TULANG BELAKANG PENDERITA NYERI PUNGGUNG DI RUMAH SAKIT ROYAL TARUMA PADA RADIOGRAFI KONVENSIONAL

EVALYN, ELSA (2020) PROPORSI KELAINAN STRUKTUR TULANG BELAKANG PENDERITA NYERI PUNGGUNG DI RUMAH SAKIT ROYAL TARUMA PADA RADIOGRAFI KONVENSIONAL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nyeri punggung sangat sering dikeluhkan oleh banyak orang dan disebabkan oleh berbagai etiologi, termasuk kelainan struktur tulang belakang. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui kelainan tulang belakang apa saja yang dapat ditemukan pada penderita nyeri punggung di Rumah Sakit Royal Taruma dalam pemeriksaan radiografi konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan desain cross sectional yang dilakukan terhadap 65 orang subjek di Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat pada bulan Januari - Juni 2020. Data diperoleh melalui rekam medis pasien nyeri punggung dan penilaian adanya kelainan struktur tulang belakang pada radiografi konvensional menggunakan metode Cobb untuk mengukur kurvatura dan sistem grade untuk spondilolistesis. Hasil dari penelitian ini didapatkan presentase gambaran kelainan struktur tulang belakang yang ditemukan dari total 65 orang subjek adalah gambaran skoliosis sebanyak 17 (26,15%) orang, gambaran spondilolistesis sebanyak enam (9,23%) orang, gambaran hiperlordosis sebanyak satu (1,54%) orang, dan gambaran kifosis sebanyak satu (1,54%) orang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel yang lebih banyak dan menggunakan modalitas radiologi yang lebih canggih seperti MR1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaya, Inge Friska
Uncontrolled Keywords: nyeri punggung, tulang belakang, kurvatura tulang belakang, skoliosis, radiografi konvensional
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:40
Last Modified: 27 May 2024 14:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item