Pengurusan dan Pengelolan Harta Kekayaan Suami-Istri ke dalam suatu lembaga “Trust” dan Akibat Hukumnya terhadap Hak Ahli Waris berdasarkan Hukum Waris Perdata Barat.

Haryssa, Armey (2021) Pengurusan dan Pengelolan Harta Kekayaan Suami-Istri ke dalam suatu lembaga “Trust” dan Akibat Hukumnya terhadap Hak Ahli Waris berdasarkan Hukum Waris Perdata Barat. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Lampiran_Armey Haryssa_217182012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
Halaman Depan_Armey Haryssa_217182012.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Bab isi_Armey Haryssa_217182012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perjanjian pengelolaan harta kekayaan suami-istri ke dalam suatu lembaga Trusts yang dikenal di negara dengan tradisi hukum Anglo Saxon untuk menjaga harta kekayaan keluarga demi kelangsungan generasi penerus. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana keberlakuan perjanjian ini menurut hukum Indonesia yang pada umumnya tidak mengenal konsep trusts yang memisahkan kepemilikan antara pemilik benda secara hukum (legal owner) dan pemilik manfaat atas benda tersebut (beneficial owner). Selain itu, ketentuan dalam perjanjian tersebut berpotensi dapat bertentangan dengan hukum waris dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) dan dalam hal bertentangan, bagaimana penetapan ahli waris dan pelaksanaan hak waris anak mengingat adanya perjanjian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa perjanjian mengenai pembentukan lembaga Trust untuk mengelola harta kekayaan suami-istri tidak dapat dibuat dan diberlakukan menurut hukum Indonesia, namun dapat saja dibuatdiluar negeri yang mengakui lembaga Trust dengan tetap dibatasi oleh ketentuan memaksa hukum waris dalam KUH Perdata (termasuk legitieme portie) dan harus dikuatkan keberlakuannya melalui surat wasiat sebagai instrumen yang diakui untuk mengesampingkan aturan pewarisan menurut undang-undang. Tanpa surat wasiat, penetapan ahli waris dan pembagian harta peninggalan akan tunduk pada hukum waris barat dalamKitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) terlepas adanya perjanjian tersebut.Pembentukkan lembaga Trust di luar negeri sebenarnya lebih bermanfaat untuk harta kekayaan yang berada di luar negeri dan mengingat hal ini, KUH Perdata juga mengenal beberapa lembaga yang memiliki karakteristik serupa Trust yang dapat digunakan untuk menjaga bagian bebas dari harta peninggalan pewaris demi kelangsungan generasi penerusnya. Kata kunci: lembaga Trusts, pengelolaan harta kekayaan suami-istri, pengelolaan harta peninggalan demi generasi penerus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Gunawan Djajaputra,S.H.,S.S.,M.H.
Uncontrolled Keywords: lembaga Trusts, pengelolaan harta kekayaan suami-istri, pengelolaan harta peninggalan demi generasi penerus
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 May 2021 03:55
Last Modified: 31 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item