GAMBARAN KUALITAS TIDUR PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA BARAT, DESEMBER 2019

PUTRI, THALIA WIRANDA (2020) GAMBARAN KUALITAS TIDUR PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA BARAT, DESEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Secara umum perempuan pascamenopause kurang puas dengan tidur raereka dan 61% meJaporkan gejala insomnia. Salah satu dampak dari menopause adaJah penurunan kualitas tidur. Kualitas tidur merupakan suatu penyusun penting dan bagian yang esensial dari kualitas hidup seseorang. Memburuknya kualitas tidur pada perempuan pascamenopause dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu usia, status pernikahan, riwayat hipertensi, dan status 1MT. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran keluhan dan kualitas tidur pada perempuan pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 44 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta Barat. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner PSQI untuk mendapatkan gambaran kualitas tidur. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa responden memiliki kualitas tidur yang buruk sebanyak 40 orang (90,91%) dan yang memiliki kualitas tidur baik berjumlah 4 orang (9,09%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Andriana Kumala
Uncontrolled Keywords: Menopause, Kualitas Tidur, PSQI
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:38
Last Modified: 27 May 2024 14:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29431

Actions (login required)

View Item View Item