GAMBARAN FAKTOR RISIKO TERKAIT KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU PADA BALITA DI RSUD EMBUNG FATIMAH KOTA BATAM PERIODE JANUARI 2018 - DESEMBER 2019

LESTARI, DWI NOVIA (2020) GAMBARAN FAKTOR RISIKO TERKAIT KEJADIAN TUBERKULOSIS PARU PADA BALITA DI RSUD EMBUNG FATIMAH KOTA BATAM PERIODE JANUARI 2018 - DESEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuberkulosis (TB) adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Pada tahun 2012 terdapat 530.OCX) kejadian tuberkulosis paru yang terjadi pada balita, dan sekitar 74.000 didapatkan balita meninggal dunia dikarenakan terinfeksi oleh penyakit tuberkulosis. Penularan bakteri tuberkulosis pada balita terjadi ketika pasien TB paru dewasa mengalami batuk atau bersin sehingga bakteri Mycobacterium tuberculosis juga tersebar ke udara dalam bentuk percikan dahak atau droplet yang dikeluarkan penderita TB paru deweasa. Terdapat beberapa faktor yang dapat menvebabkan menularnya penyakit TB pada balita, diantaranya adalah status gizi, status imunisasi BCG, penderita TB dewasa yang berada di lingkungan sekitar, dan juga kondisi lingkungan rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko apa saja yang dapat menyebabkan balita terserang penyakit tuberkulosis paru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain penelitian cross sectional dan besar sampel penelitian sebanyak 61 responden di RSUD Embung Fatimah Kota Batam. Data penelitian ini diambil melalui rekam medik periode Januari 2018-Desember 2019. Dari hasil Penelitian ini didapatkan sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki (50,8 %) dan tidak melakukan imunisasi BCG (67,2 %). Hanya sebagian kecil responden yang memiliki status gizi baik (19,6 %) dan sebagian besar memiliki status gizi buruk (50,8 %). Responden yang melakukan kontak dengan pasien TB dewasa sebanyak 73,7 %. Dari total responden serta faktor risiko yang dimiliki, menyatakan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh terhadap faktor risiko tersebut dengan terinfeksinya penyakit tuberkulosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Esthernita, Naomi
Uncontrolled Keywords: Balita, BCG, Kontak TB, Status Gizi, Tuberkulosis
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:37
Last Modified: 27 May 2024 14:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29433

Actions (login required)

View Item View Item