HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PERUT TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN PUSKESMAS KECAMATAN KALIDERES Tahun 2020

ULANDARI, FEROSA (2020) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PERUT TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN PUSKESMAS KECAMATAN KALIDERES Tahun 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hipertensi adalah penyakit kardiovaskular yang paling sering terjadi di dunia dan terkait dengan morbiditas dan mortalitas yang tinggi.Prevalensi hipertensi di Indonesia tahun 2018 menurut Riskesdas berdasarkan hasil pengukuran pada penduduk usia usia >18 tahun sebesar 34,1%. Hipertensi dikaitkan dengan obesitas. Indeks massa tubuh (IMT) adalah pengukuran utama dari obesitas, sedangkan lingkar pinggang adalah pengukuran utama dari obesitas sentral. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara IMT dan lingkar pinggang terhadap tekanan darah. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan desain cross sectional pada pasien yang berobat di Puskesmas Kecamatan Kalideres. Pengukuran tinggi badan dilakukan menggunakan staturemeter (GEA), berat badan dengan timbangan digital (GEA EF98I), lingkar perut menggunakan body tape measure, dan tekanan darah dengan tensimeter digital (Omron HEM 8712). Uji independent T-test digunakan untuk menilai perbedaan rerata IMT antara kelompok pasien hipertensi dan tidak hipertensi, sementara uji chi-square digunakan untuk membandingkan proporsi lingkar pinggang dari kedua antara kelompok pasien hipertensi dan tidak hipertensi. Total responden penelitian ini adalah 92 pasien yang terdiri dari 47 pasien dengan hipertensi dan 45 pasien tanpa hipertensi. Rata-rata IMT kelompok pasien dengan hipertensi adalah 26,96±3,71 dan 24,0±4,70 pada kelompok pasien tanpa hipertensi (p=0,005). Hipertensi ditemukan pada 43 dari 76 pasien dengan obesitas sentral, sementara hanya 4 dari 16 pasien dengan lingkar pinggang normal yang mengalami hipertensi (p=0,043). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan signifikan dari IMT dan lingkar pinggang dengan hipertensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karjadijaja, Idawati
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Indeks Massa Tubuh, Lingkar Pinggang
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:37
Last Modified: 27 May 2024 14:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29436

Actions (login required)

View Item View Item