Komunikasi Persuasif Tentang Kesehatan Mental Melalui Komik Digital (Studi pada Akun Instagram @petualanganmenujusesuatu)

Hadhinoto, Priscilla Septhimoranie (2019) Komunikasi Persuasif Tentang Kesehatan Mental Melalui Komik Digital (Studi pada Akun Instagram @petualanganmenujusesuatu). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Mental health is an issue labeled as taboo and is very rarely discussed in Indonesia. This issue calls for works in order to spread mental health awareness and one of the ways is by doing persuasive communications through digital comics. The purpose of this research is to study persuasive communications about mental health through digital comics. This research was conducted using qualitative approach and case study method on an Instagram account named @petualanganmenujusesuatu. Data collection techniques used in this research were interview, observation, and literature review. The researches used Persuasive Communications, Mental Health, dan Digital Comics Theory. The results of this research indicate 3 things, the implementation of persuasive communications about mental health through digital comics have 3 types of purposes which are affective, cognitive, and conative purpose. Strategies implied are strategies in composing messages, choosing the channel, and feedback. Persuasive communications about mental health through digital comics is also influenced by the visualization of the comics itself as the media, through character depiction and color selection. Kesehatan mental adalah suatu isu yang masih dianggap tabu dan jarang dibicarakan di Indonesia. Hal ini mendorong upaya untuk menyebarkan kesadaran tentang kesehatan mental, salah satunya dengan melakukan komunikasi persuasif melalui komik digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi persuasif tentang kesehatan mental melalui komik digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada akun Instagram @petualanganmenujusesuatu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Persuasif, Kesehatan Mental, dan Komik Digital. Hasil penelitian terdiri atas 3 hal, yaitu pelaksanaan komunikasi persuasif tentang kesehatan mental melalui komik digital memiliki 3 tujuan secara afektif, kognitif, atau konatif. Strategi yang digunakan adalah strategi penyusunan pesan, pemilihan saluran, dan umpan balik. Selain itu, komunikasi persuasif tentang kesehatan mental juga dipengaruhi oleh visualisasi komik sebagai medianya, yaitu melalui penggambaran karakter dan pemilihan warna. Keywords Komunikasi Persuasif; Kesehatan Mental; Komik Digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 02:31
Last Modified: 25 May 2021 02:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29437

Actions (login required)

View Item View Item