HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN Pityriasis versicolor PADA REMAJA DI SMAN 4 KOTA SUKABUMI

SUNARDI, CINDY PARAMITHA (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN Pityriasis versicolor PADA REMAJA DI SMAN 4 KOTA SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pityriasis versicolor adalah penyakit akibat infeksi jamur pada kulit peringkat kedua yang paling sering terjadi, angka kejadiannya mencapai sekitar 40%. Kebersihari diri merupakan salah satu faktor yarig diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya Pityriasis versicolor, oleh sebab itu diperlukan pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan yang baik untuk mengurangi kejadian dari Pityriasis versicolor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap terhadap perilaku pencegahan Pityriasis versicolor pada remaja di SMAN 4 Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengukuran tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan Pityriasis versicolor dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis statistik dilakukan dengan uji Fisher exact dengan ambang p-value < 0,05 digunakan untuk mendefinisikan hubungan yang bermakna secara statistik. Total responden pada penelitian ini adalah 194 siswa. Tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan Pityriasis versicolor yang tergolong baik ditemukan pada masing-masing 90,7%, 86,1%, dan 96,4% responden secara berurutan. Uji Fisher exact untuk tingkat pengetahuan dan sikap terhadap perilaku pencegahan Pityriasis versicolor masing-masing meriunjukkan p-value 0,002 dan 0,008 secara berurutan , serta hubungan tingkat pengetahuan terhadap sikap pencegahan Pityriasis versicolor menunjukan p-value 0,001. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara tingkat pengetahuan dan sikap terhadap perilaku pencegahan Pityriasis versicolor pada remaja di SMAN 4 Kota Sukabumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Atzmardina, Zita
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pengetahuan, Pityriasis versicolor, Sikap.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:37
Last Modified: 27 May 2024 14:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item