SKRINING FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN, UJI TOKSISITAS, KADAR FENOLIK DAN ALKALOID TOTAL EKSTRAK BUAH ACAIBERRY (EUTERPE OLERACEA)

MALIHAH, ELY (2020) SKRINING FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN, UJI TOKSISITAS, KADAR FENOLIK DAN ALKALOID TOTAL EKSTRAK BUAH ACAIBERRY (EUTERPE OLERACEA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Euterpe oleracea yang dikenal sebagai buah Acaiberry b era sal dari Amerika Selatan. Buah Acaiberry sering disebut juga sebagai superfruit karena memiliki ban yak manfaat didalam bidang kesehatan seperti memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi, memperlancar saluran pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah penyakit kardiovaskuler, anti-inflamasi, anti-depresari dan mencegah resiko terjadinya penyakit kanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok senyawa yang terkandung dalam buah Acaiberry terutama kapasitas antioksidan, kadar fenolik dan alkaloid buah Acaiberry, serta efek toksisitas buah Acaiberry terhadap sel tumor. Penelitian ini dilakukan dengan teknik maserasi menggunakan pelarut metanol, terhadap ekstrak metanol buah Acaiberry dilakukan skrining fitokimia, diuji kapasitas antioksidan dengan metode DPPH, diukur kadar fenolik total dengan standar tanin, dan kadar alkaloid total dengan standar Berberine chloride serta toksisitas dengan metode BSLT. Pada hasil penelitian: uji fitokimia ekstrak metanol buah Acaiberry memberikan hasil positif pada uji fenolik, flavonoid, alkaloid, antosianin, betasianin, coummarins, glikosida, kardioglikosida, qui nones, saponin, steroid, tanin dan terpenoid. Ekstrak buah Acaiberry memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi (1C50= 17,36 ^g/mL), kadar fenolik total (602,82 pg/mL) dan toksisitas (LCso= 238,48 pg/mL) yang membuktikan bahwa buah Acaiberry memiliki potensi sebagai anti-tumor dan anti-kanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rizal, Helmi
Uncontrolled Keywords: Acaiberry (Euterpe oleracea), Fitokimia, Antioksidan, Uji Toksisitas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:37
Last Modified: 27 May 2024 14:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29440

Actions (login required)

View Item View Item