GAMBARAN KADAR KOLESTEROL LDL DAN HDL PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTIWERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA BARAT, DESEMBER 2019

ERIADY, THIO CERYLE (2020) GAMBARAN KADAR KOLESTEROL LDL DAN HDL PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTIWERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA BARAT, DESEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan National Cholesterol Education Programme, prevalensi HDL rendah pada perempuan pascamenopause Amerika Latin adalah 53,6% dan transisi ke pascamenopause berkaitan dengan peningkatan LDL sebesar 11 %. Perempuan pascamenopause akan mengalami perubahan hormonal yang berdampak pada gangguan metabolisme lipid. Gangguan metabolisme lipid dapat meriyebabkan perubahan kadar lipid, termasuk kadar kolesterol LDL dan HDL dalam darah yang berpotensi pada timbulnya penyakit kardiovaskular serta kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kadar kolesterol LDL dan HDL pada perempuan pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea serta faktor-faktor yang dapat memengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang dilakukan pada bulan Desember 2019. Data yang diambil berupa data primer yang bersumber dari hasil kuesioner, pengukuran antropometri, pengukuran tekanan darah, dan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan kolesterol. Hasil penelitian dari 44 responden perempuan pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea menunjukkan 27 (61,4%) responden memiliki kadar LDL mendekati optimal (100-129 mg/dL) dan sedikittinggi (130-159 mg/dL) serta kadar HDL normal (40-59 mg/dL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Andriana Kumala
Uncontrolled Keywords: Pascamenopause, LDL, HDL
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:36
Last Modified: 27 May 2024 14:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29450

Actions (login required)

View Item View Item