Pengaruh Viral Marketing Video Promosi Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Goreng iONG

Velia, Velia (2019) Pengaruh Viral Marketing Video Promosi Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Goreng iONG. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Current development is driving a growth for technology and media in marketing strategy. One of the marketing strategy is viral marketing. Viral marketing could be a strategy to do a promotion for delivering information from sales to consumer by social media. This research conducts to find out about whether there is any effect of viral marketing Instagram promotion video on consumer purchase decision Bakso Goreng iONG. This study uses a descriptive approach in descriptive method, with the amount of 114 respondents who were the viewers from Instagram promotion video and have purchased Bakso Goreng iONG product. The result of this research mentioned, by significance test partial effect, shows that viral marketing individually has an effect on purchasing decisions. One of the supporting component to running viral marketing is buzz, which is the content, ideas and topics from the promotional video submitted. With an interesting and clear topic about information from Bakso Goreng iONG, made the consumer has an interest to buy Bakso Goreng iONG product. Perubahan zaman mendorong adanya perkembangan teknologi dan media dalam melakukan strategi pemasaran. Salah satunya adalah viral marketing, yang dapat dilakukan sebagai strategi untuk menerapkan promosi guna menyampaikan informasi dari pemasar pada konsumen lewat media sosial. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui adakah pengaruh viral marketing video promosi Instagram, terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Bakso Goreng iONG. Metode deskriptif merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, dengan total jumlah 114 responden yang merupakan penonton dari video promosi Instagram, dan telah membeli produk Bakso Goreng iONG. Hasil penelitian menyebutkan, lewat uji signifikasi pengaruh parsial, menunjukkan hasil bahwa viral marketing secara individual memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Salah satu komponen dalam mendukung berjalannya viral marketing adalah buzz/content, yang merupakan isi, ide dan topik dari video promosi yang disampaikan. Dengan topik yang menarik dan jelas mengenai informasi dari produk yang dipasarkan oleh Bakso Goreng iONG, membuat konsumen tertarik untuk membeli produk Bakso Goreng iONG. Keywords Viral Marketing; Purchase Decision; Bakso Goreng iONG;Viral Marketing; Keputusan Pembelian; Bakso Goreng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 02:30
Last Modified: 25 May 2021 02:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29489

Actions (login required)

View Item View Item