FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2010)

Kurniawan, Andhika (2013) FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2010). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh karakteristik perusahaan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan secara empiris baik simultan dan parsial. Karakteristik perusahaan yang digunakan adalah likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, dan status perusahaan sebagai variabel independen, sedangkan untuk variabel dependennya adalah kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengujian hipotesis, dengan sampel penelitian sebanyak 47 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2007 sampai dengan 2010. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 19. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada masing-masing variabel, dapat disimpulkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Sedangkan variabel likuiditas, leverage, dan status perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Selain itu, pengujian yang dilakukan bersama-sama juga terdapat pengaruh yang signifikan antara keempat variabel tersebut terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Berdasarkan Uji Koefisien Determinasi (R2) dibuktikan bahwa keempat variabel tersebut mempengaruhi sebesar 7,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2021 06:54
Last Modified: 24 May 2021 06:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29493

Actions (login required)

View Item View Item