PENGARUH PERUBAHAN NET DEFERRED TAX LIABILITIES, DISCRETIONARY REVENUE, PERUBAHAN ARUS KAS OPERASI UNTUK MENDETEKSI MANAJAMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR FOOD & BEVERAGES, PHARMACEUTICALS,CONSUMER GOODS DI BEI PADA TAHUN 2002-2011

Stevenson, Antoni (2013) PENGARUH PERUBAHAN NET DEFERRED TAX LIABILITIES, DISCRETIONARY REVENUE, PERUBAHAN ARUS KAS OPERASI UNTUK MENDETEKSI MANAJAMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR FOOD & BEVERAGES, PHARMACEUTICALS,CONSUMER GOODS DI BEI PADA TAHUN 2002-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Antoni Stevenson 125090709 Abstrak.pdf

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris dan menganalisis mengenai pengaruh perubahan net deferred tax liabilities, discretionary revenue, perubahan arus kas operasi untuk mendeteksi manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang food and beverages, pharmaceuticals dan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2002-2011. Penelitian ini dilakukan terhadap 15 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2002-2011, serta memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah model regresi logistik. Hasil penelitian uji parsial menunjukkan bahwa perubahan net deferred tax liabilities, discretionary revenue dan perubahan arus kas operasi berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Sedangkan uji secara simultan menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Hal ini dibuktikan dengan pengujian multivariate secara terpisah dan menghasilkan kesimpulan yang sama sebelum dan sesudah variable tersebut dipisahkan satu per satu. Hasil uji koefisien determinasi NagelkerkeR2 dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan ketiga variable tersebut mempengaruhi manajemen laba sebesar 26,1%, sedangkan sisanya sebesar 73,9% dapat dijelaskan oleh variable lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2021 07:37
Last Modified: 24 May 2021 07:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29525

Actions (login required)

View Item View Item