EVALUASI METABOLIT SEKUNDER, KAPASITAS ANTIOKSIDAN DAN TOKSISITAS BUAH BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBT)

SU, THIAN (2020) EVALUASI METABOLIT SEKUNDER, KAPASITAS ANTIOKSIDAN DAN TOKSISITAS BUAH BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBT). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Antioksidan adalah senyawa yang mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada manusia yang disebabkan oleh radikal bebas maupun Reactive Oxygen Species (ROS) dan sangat bermanfaat bagi kesehatan, misalnya untuk mencegah penyakit kanker, antiinflamsi, tumor, penuaan, dan lain-lain. Antioksidan dapat berinteraksi dengan radikal bebas sebelum radikal bebas merusak molekul lainnya. Senyawa radikal bebas terbentuk secara alami selama proses metabolisme tubuh. Pembentukan senyawa radikal bebas dalam tubuh yang tidak terkendali atau melebihi batas akan menyebabkan kerusakan oksidasi sel. Belimbing wuluh merupakan buah yang rnemiliki keunggulan kandungan kimia sebagai antioksidan alami dan penghambat produksi nitrooksida (NO).Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui kandungan fitokimia, kapasitas total antioksidan, kadar alkaloid total, dan toksisitas pada buah belimbing wuluh. Pembuatan ekstrak buah belimbing wuluh melalui teknik maserasi dan menggunakan methanol. Dalam penelitian ini dilakukan skrining fitokimia, penentuan kapasitas total antioksidan dengan DPPH, penentuan kadar alkaloid total dengan standar berberine chloride, dan uji toksisitas dengan metode BSLT. Skrining fitokimia ekstrak buah belimbing wuluh didapatkan hasil positif pada alkaloid, betasianin, kardio glikosida, koumarin, flavonoid, glikosida, fenol, tannin, saponin, steroid, dan terpenoid . Ekstrak buah belimbing wuluh memiliki kapasitas total antioksidan dengan IC50 sebesar 1959.897 /*g/mL, yang mengindikasikan bahwa kapasitas total antioksidan buah belimbing wuluh lebih rendah dibandingkan dengan askorbat. Kadar alkaloid total sebesar 5.052 /jg/mL. Ekstrak buah memiliki LC50 sebesar 171.135 jyg/mL, yang mengindikasikan bahwa ekstrak buah belimbing wuluh danya tingkat toksisitas dan bisa menjadi kandidat antikanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limanan, David
Uncontrolled Keywords: Buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), kapasitas antioksidan, fitokimia, kadar alkaloid total, BSLT.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:32
Last Modified: 27 May 2024 14:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29533

Actions (login required)

View Item View Item