HUBUNGAN MEROKOK DENGAN TINGKAT FUNGSI KOGNITIF PADA MAHASISWA FAKOLTAS KEDOKTERAN UN1VERS1TAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2018

Tresnawiwitan, Mustika (2020) HUBUNGAN MEROKOK DENGAN TINGKAT FUNGSI KOGNITIF PADA MAHASISWA FAKOLTAS KEDOKTERAN UN1VERS1TAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu penyebab terbesar utama dari kematian yang dapat dicegah itu adalah penggunaan tembakau. Perokok di Indonesia khususnya para remaja sudah menjadi masalah yang sangat serius karena prevalensinya semakin meningkat dan usia merokoknya semakin muda , yaitu lebih muda 7 tahunpada remaja laki— laki. Salah satu kandungan zat aktif dalam rokok adalah, nikotin yang memiliki efek dapat menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan, memunculkan gejala kesulitan konsentrasi dan penurunan fungsi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan merokok dan penurunan fungsi kognitif pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara angkatan2018. Desain penelitian ini adalah studi analitik observasional dengan metode cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2018 sebanyak 40 sampel yang terdiri dari 26 (65%) responden mempunyai perilaku merokok dan 14 (35%) responden tidak memiliki perilaku merokok. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pola merokok untuk mengetahui apakah responden mempunyai perilaku merokok dan MoCA - 1NA untuk menilai ganngguan fungsi kognitif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan terdapat beberapa faktor risiko yang ikut berperan dalam terjadinya penurunan fungsi kognitif antara lain, makanan, kualitas tidur, dan aktivitas fisik. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan sebanyak 21 responden yang mempunyai perilaku merokok mengalami penurunan fungsi kognitif dan sebanyak 10 responden yang tidak memiliki perilaku merokok tidak mengalami penurunan flingsi kognitif. Melalui uji Fisher, didapatkan p value 0,694 yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara merokok dengan penurunan fungsi kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Biromo, Anastasia Ratnawati
Uncontrolled Keywords: gangguan fungsi kognitif, merokok, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:32
Last Modified: 27 May 2024 14:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29535

Actions (login required)

View Item View Item