HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2019

BIERHUIJS, JOSEPHINE ALICIA (2020) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa fakultas kedokteran pada umumnya menanggung beban akademik yang berat.Faktor ini berhubungan erat baik dengan terjadinya gangguan kualitas tidur maupun dengan tingkat kecemasan. Maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui adanya hubungan antara kualitas tidur terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan studi cross-sectional yang melibatkan 90 responden mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2019. Kualitas tidur dinilai menggunakan instrumen kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Tingkat kecemasan dinilai menggunakan instrumen kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A). Pengolahan data menggunakan metode Chi-square dengan interval kepercayaan 95% (a = 0,05). Dari keseluruhan responden didapatkan 74,4% adalah perempuan. Kemudian ditemukan 71,1% mahasiswa mengalami gangguan kualitas tidur dan 90% tidak memiliki cemas. Selanjutnya tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara kualitas tidur dengan tingkat kecemasan pada penelitian ini (/?=0,438). Tidak ditemukan adanya hubungan antara kualitas tidur dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor lain yang dapat memengaruhi kualitas tidur dan tingkat kecemasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Biromo, Anastasia Ratnawati
Uncontrolled Keywords: kualitas tidur, tingkat kecemasan, mahasiswa kedokteran, PSQI, HAM-A
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:32
Last Modified: 27 May 2024 14:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29538

Actions (login required)

View Item View Item