EKSTRAK TAMARILO, Solatium Betaceum: SKRINING FITOKIMIA, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI TOKSISITAS SERTA KADAR METABOLIT SEKUNDER

APRILLEA, CASEY VIRA (2020) EKSTRAK TAMARILO, Solatium Betaceum: SKRINING FITOKIMIA, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI TOKSISITAS SERTA KADAR METABOLIT SEKUNDER. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oksigen merupakan unsur yang esensial bagi organisme aerob khususnya untuk proses pembentukan energi di rantai pernafasan mitokondria. Pada proses tersebut selalu terbentuk Reactive Oxygen Species (ROS) sebagai produk antara, karena reduksi parsial oksigen. Bila produksi ROS meningkat melebihi kapasitas antioksidan untuk meredaranya terjadilah keadaan stres oksidatif. Peningkatan ROS dapat merusak makromolekul yg raerupakan koraponen utama struktur dan fungsi sel, sehingga menyebabkan berbagai penyakit. Antioksidan merupakan agen pereduksi yang dapat mencegah dan mengobati kerusakan yang ditimbulkan oleh ROS. Sebagai sistem pertahanan, dikenal dua macam antioksidan yaitu endogen dan eksogen. Salah satu antioksidan eksogen adalah tanaman Terong Belanda, atau Tamarillo (Solatium betaceum), yang akan diteliti secara eksperimental in-vitro. Metoda: Pada studi ini dilakukan : Uji fitokimia, kapasitas antioksidan dan uji toksisitas serta pengukuran kadar fenolik. Hasil: Pada uji fitokimia, semua raetabolit sekunder yg diperiksa positif, Kecuali pada betasianin dan alkaloid. Kapasitas antioksidan IC50=794,32 //g/mL, uji toksisitas LC50= 140,03 pg/mL sedangkan kadar fenolik sebesar 516,46 pg/mL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferdinal, Frans
Uncontrolled Keywords: Tamarillo, ROS, Stres Oksidatif, BSLT, DPPH, Fenolik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:30
Last Modified: 27 May 2024 14:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item