Pengaruh Komunikasi Pemasaran Sales promotion terhadap loyalitas pengguna aplikasi transportasi online (survei terhadap pengguna aplikasi grab bike)

Nelviluvita, Nelviluvita (2019) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Sales promotion terhadap loyalitas pengguna aplikasi transportasi online (survei terhadap pengguna aplikasi grab bike). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Marketing communication is a tool used by companies to convey information to the public. One of the marketing communication tools is sales promotion. Sales promotion is a tool used by companies to increase the level of product’s sales by making repeated purchases or creating a loyalty. Loyalty can be measure by repeatable using of the same product. This sales promotion towards the loyalty of users of online transportation applications. One of the providers of online transportation applications in Indonesia is Grab bike. This type of quantitative research using survey methods. Data obtained from the results of distributing questionnaires online. The author makes a questionnaire based on indicators of the variables that the authors examine and submits the questionnaire using purposive sampling techniques in determining respondents. After spreading the data, the writer gets answers from respondents and manages the results of the questionnaire using SPSS application version 19. From the results of this study it can be concluded that sales promotion marketing communication has an effect of 25.5% on user loyalty while 74.6% is influenced by factors other than research. Komunikasi pemasaran merupakan alat yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Salah satu alat komunikasi pemsaran adalah sales promotion. Sales promotion merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk menaikan tingkat penjualan suatu produk serta menciptakan pembelian yang berulang atau menciptakan loyalitas. Loyalitas merupakan penggunaan secara berulang terhdap suatu produk yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran sales promotion terhadap loyalitas pengguna aplikasi transportasi online. Salah satu penyedia aplikasi transportasi online di Indonesia adalah Grab bike. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Data didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner online. Penulis membuat kuesioner berdasarkan indikator dari variabel yang penulis teliti dan menyebarkan kuesioner tersebut menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan responden. Setelah menyebarkan data, penulis mendapatkan jawaban dari respoden dan mengelolah hasil kuesioner menggunakan aplikasi SPSS versi 19. Dari hasil penelitian ini dapat dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran sales promotion memiliki pengaruh sebesar 25,5% terhadap loyalitas pengguna aplikasi transportasi online sedangkan 74,6% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian. Keywords Sales promotion; marketing communication; user loyalty; online transportation applications; Komunikasi pemasaran; loyalitas pengguna; aplikasi transportasi online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 02:27
Last Modified: 25 May 2021 02:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item