ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011

Sanjaya, Ari (2013) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Ari Sanjaya 125090369 Abstrak.pdf

Download (21kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan good corporate governance yang diproksikan oleh kepemilikan institusional, ukuran dewan direksi, proporsi dewan komisaris independen terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROE (Return On Equity) baik secara parsial maupun gabungan. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011 yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Sampel yang dipilih menggunakan metode Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 54 perusahaan manufaktur untuk masing-masing periode selama tahun 2009-2011. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows 17.0. Pertama, dilakukan sejumlah uji asumsi klasik untuk menguji apakah data memenuhi syarat untuk dilakukan pengujian hipotesis. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil penelitian tahun 2009 secara parsial menunjukkan bahwa hanya variabel ukuran dewan direksi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, sedangkan tahun 2010-2011 variabel ukuran dewan direksi dan proporsi dewan komisaris independen terbukti berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, kemudian variabel kepemilikan institusional terbukti tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hasil penelitian secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel kepemilikan institusional, ukuran dewan direksi, dan proporsi dewan komisaris independen berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2021 08:13
Last Modified: 24 May 2021 08:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29573

Actions (login required)

View Item View Item