GAMBARAN PREVALENSI ANEMIA PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA 23 DESEMBER 2019

FRANSMANTO, FRANSISCUS (2020) GAMBARAN PREVALENSI ANEMIA PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA 23 DESEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berkurangnya estrogen pada tubuh perempuari dianggap sebagai faktor utama terjadinya gejala menopause. Menopause adalah berhentinya daur menstruasi seorang perempuan ketika usia antara 45-55 tahun. Perkembangan tubuh perempuari tidak terlepas dari estrogen dan zat besi. Berkurangnya Estrogen dapat menimbulkan gejala menopause dan pengeroposan tulang pada perempuan menopause. Walaupun dengan menurunnya kadar estrogen dapat mengarah ke pengeroposan tulang yang dimana dapat mengganggu proses pembentukan hemoglobin di sumsum tulang dan dapat mengarah ke anemia. Menurut World Health Organization, prevalensi anemia berkisar 40-88% dan prevalensi anemia di Indonesia berdasarkan hasil Risel Kesehatan Dasar tahun 2013 yaitu 21,7%. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran prevalensi anemia pada perempuan pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta 23 Desember 2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan telah menunjukkan bahwa sebagian besar kadar hemoglobin dalam darah yang diperoleh tidak menunjukkan penurunan. Populasi dalam penelitian ini adalah perempuan pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta yang bersedia untuk menjadi responden di penelitian ini pada 23 Desember 2019. Hasil penelitian dari 44 orang responden didapatkan rerata kadar hemoglobin pada perempuan pascamenopause sebesar 11,86 g/dL dengan hasil 23 orang responden (52,27%) memiliki kadar hemoglobin normal dan 21 orang responden (47,73%) mengalami anemia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Andriana Kumala
Uncontrolled Keywords: Menopause, estrogen, hemoglobin, anemia
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:30
Last Modified: 27 May 2024 14:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29618

Actions (login required)

View Item View Item