PENGARUH ENTREPRENEURIAL ORIENTATION DAN ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI TANJUNG DUREN JAKARTA BARAT

Wijaya, Stephen Surya (2014) PENGARUH ENTREPRENEURIAL ORIENTATION DAN ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI TANJUNG DUREN JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara entrepreneurial orientation (EO) dan entrepreneurial management (EM) terhadap kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah Tanjung Duren, Jakarta Barat. EO diukur melalui kelima dimensinya, yaitu inovatif, proaktif, risk-taking, otonomi, dan agresifitas kompetitif. EM diukur melalui enam dimensi empirikal yang dikembangkan Brown et al. (2001) berdasarkan konsep dari Stevenson (1983), yaitu orientasi strategis, orientasi sumber daya, struktur manajemen, filosofi penghargaan, orientasi pertumbuhan, dan kultur kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UKM yang tersebar di daerah Tanjung Duren. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Dari 92 angket yang dibagikan, angket yang kembali dan layak untuk dijadikan data penelitian adalah sebanyak 60 responden. Dari data yang terkumpul didapatkan hasil bahwa tiga dari lima dimensi EO berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja UKM di Tanjung Duren. Namun sangat disayangkan, tidak terlihat satupun dimensi dari variabel EM yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM di Tanjung Duren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 03:16
Last Modified: 25 May 2021 03:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29648

Actions (login required)

View Item View Item