EKSPLORASI FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK

NOVIANTI, ANGELICA (2020) EKSPLORASI FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi adalah suatu dorongan yang terjadi pada diri seseorang, baik secara sadar maupun tidak untuk melakukan suatu aktivitas dengan tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi faktor - faktor yang berkontribusi dalam motivasi belajar mahasiswa, di pendidikan kedokteran tahap akademik di Universitas Tarumanagara, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan FGD terhadap mahasiswa dan wawancara terhadap staf pengajar. Hasil Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara ditranskripsikan dan dianalisis. Data dianalisis menggunakan analisis tematik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor yang dapat meningkatkan motivasi yaitu cita-cita, menjaga harga diri, rasa tanggung jawab, cara pandang terhadap orangtua, dan gambaran profesi dokter. Faktor yang dapat menurunkan motivasi yaitu kelelahan, homesick, keinginan untuk bersosialisasi melalui gadget. Faktor yang dapat meningkatkan atau menurunkan motivasi yaitu kondisi sarana prasarana, hasil ujian, strategi pembelajaran, cara mengajar staf pengajar, sumber bacaan, teman, dan tingkat kesulitan materi. Menurut informan, peran motivasi sebagai pendorong untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaja, Yoanita
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, mahasiswa kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:26
Last Modified: 27 May 2024 14:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29654

Actions (login required)

View Item View Item