PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI (Studi Kasus Penggunaan Aplikasi TikTok Berdasarkan Jenjang Umur)

KUSUMA, DIAN NOVITA SARI CHANDRA (2020) PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI (Studi Kasus Penggunaan Aplikasi TikTok Berdasarkan Jenjang Umur). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
dian.pdf

Download (7kB)

Abstract

Abstrak: Media sosial TikTok digemari oleh berbagai kalangan dan jenjang umur. TikTok adalah aplikasi media sosial berbasis audio visual yang berisikan video-video pendek buatan sendiri maupun buatan orang lain yang menghibur dengan fitur-fitur menarik seperti musik terbaru, filter wajah yang unik dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratifications untuk mengetahui kepuasan individu dalam menggunakan media sosial TikTok. Media sosial dapat membentuk konsep diri dari penggunanya berdasarkan faktor internal (fisik dan psikis) dan faktor eksternal (orang lain dan kelompok rujukan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial berbasis audio visual dalam membentuk konsep diri penggunanya dengan jenjang umur yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap pengguna media sosial TikTok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan wawancara kepada narasumber dengan jenjang umur yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbedaan jenjang umur pengguna TikTok mempengaruhi durasi dalam menggunakan aplikasi dan pembentukan konsep diri oleh narasumber. Penggunaan aplikasi TikTok membentuk konsep diri narasumber ke arah positif seperti meningkatkan kepercayaan diri narasumber untuk menunjukkan jati dirinya dan konsep diri negatif seperti kurangnya dalam mengatur waktu. Kata Kunci: Media Sosial, Uses and Gratifications, Konsep Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 04:06
Last Modified: 25 May 2021 04:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29664

Actions (login required)

View Item View Item