HUBUNGAN POLA SIKAT GIGIDENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA SISWA KELAS 4 SAMPAI 6 SD NEGERI DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN 2020

FITRIYANI, INTAN DWI WAHYU (2020) HUBUNGAN POLA SIKAT GIGIDENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA SISWA KELAS 4 SAMPAI 6 SD NEGERI DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prevalensi karies gigi paling tinggi terjadi pada anak-anak, 60-90% anak didunia mengalami karies, sementara di Asia mencapai 70-95% anak mengalami karies, di Indonesia mencapai 57,6% anak mengalami karies, dan di Provinsi Jawa Tengah 25,4% anak mengalami masalah gigi dan mulut. Karies gigi yang tidak dirawat akan mengakibatkan infeksi yang bisa menyebar ke jaringan di bawah gigi dan menimbulkan abses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola sikat gigi terhadap kejadian karies gigi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian analitik cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel 132 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden pola sikat giginya tidak benar dan mengalami karies sebanyak 75 responden (56,8%) dengan p<0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola sikat gigi dengan terjadinya karies gigi. Prevalensi Rasio pada penelitian ini adalah 2,32, yang berarti bahwa pola sikat gigi yang tidak benar akan meningkatkan risiko terjadinya karies gigi. Disarankan agar orang tua hendaknya mendampingi anak setiap sikat gigi dan rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk menjaga kebersihan gigi pada anak, dan memotivasi semua anak untuk melakukan sikat gigi rutin setiap hari minimal 2 kali sehari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: pola sikat gigi, karies.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:25
Last Modified: 27 May 2024 14:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29671

Actions (login required)

View Item View Item