STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DI BIDANG JASA PENDIDIKAN (STUDI PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN AKADEMIK 2019/2020)

JASINTA, FEREN ANDRIAN (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DI BIDANG JASA PENDIDIKAN (STUDI PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN AKADEMIK 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FERREN.pdf

Download (182kB)

Abstract

Abstrak : Perguruan tinggi menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu untuk menarik calon mahasiswa sebagai konsumen dalam memilih jasa pendidikan tinggi. Komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep yang melibatkan enam elemen yaitu komunikasi personal, periklanan, promosi penjualan, publisitas dan humas, materi pembelajaran dan rancangan korporat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam pengambilan keputusan konsumen memilih jasa pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan data kuantitatif dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada para mahasiswa baru di Universitas Tarumanagara Tahun Akademik 2019/2020. Teknik pengambilan data kualitatif dilakukan dengan cara wawancara kepada mahasiswa/i, humas dan marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memilih jasa pendidikan dari rekomendasi sebesar 80,4%, promosi 10,3%, publisitas 5,1%, iklan 4,1%. Sementara itu tidak ada mahasiswa yang memilih jasa pendidikan dari materi pembelajaran dan rancangan korporat. Dimensi rekomendasi mendapatkan hasil yang lebih besar karena faktor orang tua. Dimensi promosi dilakukan dengan cara terus melakukan pameran dan beasiswa. Dimensi iklan diutamakan untuk membangun citra atau branding. Terakhir dimensi publisitas yang dilakukan oleh humas dengan cara, aktif menggunggah informasi di website dan media sosial. Kata-kata kunci : Komunikasi Pemasaran Terpadu, Pengambilan Keputusan Konsumen, Jasa Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 05:22
Last Modified: 25 May 2021 05:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29676

Actions (login required)

View Item View Item