HUBUNGAN KESESUAIAN STRATEGI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN PERFORMA AKADEMIK MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK

VERA, VERA (2020) HUBUNGAN KESESUAIAN STRATEGI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN PERFORMA AKADEMIK MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap individu mempunyai gaya belajar tersendiri, yang raungkin dapat berbeda dengan orang lain. Gaya belajar adalah kombinasi dari cara yang paling efektif dan efisien yang dipilih seseorang untuk dapat fokus menerima dan mengolah informasi dari lingkungan. Namun pengetahuan mengenai gaya belajar saja tidak akan membuat perubahan pada performa akademik jika tidak diikuti dengan pernbahan strategi belajar yang disesuaikan dengan gaya belajarnya. Kesesuaian strategi belajar dan gaya belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi performa akademik mahasiswa. Penelitian dengan topik ini masih jarang ditemukan hingga saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kesesuaian strategi belajar dan gaya belajar dengan performa akademik pada mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan metode potong lintang pada 227 mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner gaya belajar VARK 7.1 yang telah tervalidasi dan kuesioner strategi belajar yang terdiri dari beberapa pilihan jawaban tentang karakteristik dari tiap-tiap kelompok gaya belajar yang dikemukakan Fleming ND. Hasil penelitian di dapatkan strategi belajar yang tidak sesuai dengan gaya belajar sebanyak 142 responden (62,6%) dan yang sesuai sebanyak 85 responden (37,4%). Performa akademik (1PK) 72 dari 85 mahasiswa (84,7%) yang memiliki 1PK baik dengan kategori kesesuaian yang sesuai, sementara 104 dari 142 mahasiswa (73,2%) dengan 1PK baik dengan kategori kesesuaian yang tidak sesuai, denganp value =0,066 (/>>0,05). Kesimpulan, tidak ada hubungan bermakna antara kesesuaian strategi belajar dan gaya belajar terhadap performa akademik mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaja, Yoanita
Uncontrolled Keywords: kesesuaian, strategi belajar, gaya belajar, performa akademik, mahasiswa/i kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:24
Last Modified: 27 May 2024 14:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29687

Actions (login required)

View Item View Item