FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI DAN PERILAKU IBU DALAM MEMBACA LABEL MAKANAN RINGAN ANAK TK-SD SEKOLAH X DI WILAYAH BUMI SERPONG DAMAI (BSD) PERIODE DESEMBER 2019

SALIM, RUTH BRIGITTA (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI DAN PERILAKU IBU DALAM MEMBACA LABEL MAKANAN RINGAN ANAK TK-SD SEKOLAH X DI WILAYAH BUMI SERPONG DAMAI (BSD) PERIODE DESEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Label makanan ringan sangat penting untuk dibaca di kalangan para ibu, agar kualitas makanan ringan yang dikonsumsi oleh anak dapat benar-benar terjamin. Bila pembacaan label makanan ringan anak diabaikan oleh ibu, maka hal itu dapat menimbulkan dampak berupa tidak maksimalnya tumbuh kembang anak. Di Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) pada tahun 2007, hanya 6,7% penduduk Indonesia yang memperhatikan kelengkapan label pangan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui persepsi, perilaku, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi dan perilaku ibu dalam membaca label makanan ringan anak TK-SD Sekolah X di wilayah Bumi Serpong Damai (BSD). Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional dengan cara melakukan wawancara terstruktur melalui kuesioner. Ibu yang termasuk dalam kategori persepsi baik adalah ibu dengan modus hasil skor 4 dan perilaku baik bila modus hasil skor 5. Setelah mendapatkan data, data diolah dan dianalisis dengan uji T-Test. Dari 95 responden, sebanyak 62 responden (65,3%) memiliki persepsi yang kurang baik dalam membaca label makanan ringan anak. Sebanyak 73 responden (76,8%) memiliki perilaku membaca label makanan ringan anak yang kurang baik. Faktor yang diteliti terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Setelah dilakukan uji statistik, hasil menunjukkan perbedaan bermakna untuk faktor internal, yaitu faktor usia dan suku responden terhadap perilaku dan kemampuan membaca responden (p <0,05). Sedangkan untuk faktor eksternal tidak terdapat perbedaan bermakna. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa persepsi dan perilaku ibu yang memiliki anak TK-SD di sekolah X masih kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: persepsi, perilaku, label makanan ringan, ibu dengan anak TK-SD
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:23
Last Modified: 27 May 2024 14:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29690

Actions (login required)

View Item View Item