ANALISIS PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIKTERKAITPEMBERITAAN ISU KEBERAGAMAN PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM (ANALISIS PEMBERITAAN USTAZ ABDUL SOMAD)

CHRISTI, HANA ELGA JANUARI (2020) ANALISIS PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIKTERKAITPEMBERITAAN ISU KEBERAGAMAN PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM (ANALISIS PEMBERITAAN USTAZ ABDUL SOMAD). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
HANA ELGA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Abstrak : Pers sebagai penyampai informasi tidak hanya memiliki hak kemerdekaan pers tetapi juga memiliki sebuah tanggung jawab untuk menerapkan kode etik jurnalistik pada setiap berita yang disajikan kepada masyarakat. Menerapkan kode etik jurnalistik adalah sebuah hal yang wajib diperhatikan dan dilakukan oleh setiap wartawan dalam menyajikan pemberitaan terkhusus pemberitaan mengenai keberagaman. Di Indonesia kode etik jurnalistik yang sering digunakan ialah kode etik jurnalistik yang ditetapkan oleh Dewan Pers. Maka dari itu penelitian ini mengenai penerapan kode etik jurnalistik pada pemberitaan isu keberagaman pada portal berita online detik.com. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat deskriptif dan analisis isi sebagai teknik analisis data. unit analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah pemberitaan mengenai Ustaz Abdul Somad yang dikabarkan menghina salah satu simbol agama, yang sempat viral pada pertengahan bulan Agustus 2018 lalu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan penerapan kode etik jurnalistik di kalangan wartawan. Menerapkan kode etik jurnalistik adalah hal yang penting di kalangan wartawan karena kode etik jurnalistik adalah pedoman bagi wartawan dalam melaksanakan pekerjaanya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar coding yang diisi oleh dua orang coder.Pemilihan coder berdasarkan latar belakang pendidikan yaitu menempuh studi jurnalistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa detik.com telah menerapkan kode etik jurnalistik, namun 13 dari 40 berita yang telah diunggah, tidak memiliki unsur keberimbangan. Kata Kunci : Kode Etik Jurnalistik, Keberagaman, Analisis Isi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 06:19
Last Modified: 25 May 2021 06:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29691

Actions (login required)

View Item View Item