PERBEDAAN TEKANAN DARAH TERHADAP PERUBAHAN POSISI TUBUH BERBARING, DUDUK, DAN BERDIRI PADA KARYAWAN DAN KARYAWATI RSU PURWOGONDO

JATINUGROHO, YUSUF DAMAR (2020) PERBEDAAN TEKANAN DARAH TERHADAP PERUBAHAN POSISI TUBUH BERBARING, DUDUK, DAN BERDIRI PADA KARYAWAN DAN KARYAWATI RSU PURWOGONDO. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu cara untuk menilai kesehatan sistem kardiovaskular dengan cara mengukur tekanan darah. Tekanan darah dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Pada saat terjadi perubahan posisi yaitu scseorang dalam keadaan spontan berpindah posisi tubuh dari berbaring, duduk, lalu berdiri dapat berpengaruh perubahan tekanan darah. Perubahan posisi tekanan darah dapat menimbulkan hipotensi ortostatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan tekanan darah terhadap perubahan posisi tubuh berbaring, duduk, dan berdiri pada karyawan dan karyawati RSU Purwogondo. Metode penelitian ini adalah experimental secara pre-test and post-test design dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu consecutive non-random sampling yang berjumlah 80 orang dengan usia terendah 18 tahun dan tertinggi 56 tahun. Tekanan darah sistolik saat berbaring adalah 118,18± 13,982 mmHg, tekanan darah sistolik saat duduk adalah 116,34±13,281 mmHg, dan tekanan sistolik saat berdiri adalah 113,00± 14,142 mmHg hal ini menunjukan adanya penurunan tekanan darah sistolik dari poisi berbaring ke duduk lalu ke berdiri. Tekanan darah diastolik saat berbaring 77,13±9,404 mmHg, tekanan darah diastolik saat duduk adalah 79,13±9,458 mmHg, dan tekanan diastolik saat berdiri adalah 79,28+9,544 mmHg hal ini menunjukan adanya peningkatan tekanan darah diastolik dari posisi berbaring ke duduk lalu ke berdiri. Hasil perbandingan rerata uji paired sample t-test menunjukan terdapat perbedaan bermakana pada tekanan darah sistolik berbaring terhadap berdiri, sistolik duduk terhadap berdiri, diastolik berbaring terhadap duduk, dan diastolik berbaring terhadap diastolik berdiri dengan nilai p <0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lontoh, Susy Olivia
Uncontrolled Keywords: tekanan darah, hipotensi ortostatik, perubahan posisi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:23
Last Modified: 27 May 2024 14:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29693

Actions (login required)

View Item View Item