POLITIK IDENTITAS DALAM PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA 2019 (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KAMPANYE PILPRES INDONESIA 2019 PADA MEDCOM.ID)

FARIDA, LAYLIA (2020) POLITIK IDENTITAS DALAM PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA 2019 (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KAMPANYE PILPRES INDONESIA 2019 PADA MEDCOM.ID). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
LAYLIA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Abstrak: Tahun 2019 merupakan salah satu tahun politik yang dinilai cukup panas bagi masyarakat Indonesia, pada tahun ini pemilihan presiden dan wakil presiden kembali mempertemukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Pada kampanye pilpres 2019 kemarin, isu politik identitas menguat di masyarakat. Para aktor politik sering kali menggunakan sebuah identitas untuk menarik perhatian serta dukungan calon pemilihnya di masyarakat. Media yang seharusnya independen justru terjebak dalam isu politik identitas tersebut. Pemberitaan pada media online seringkali dipengaruhi oleh ideologi dan kepentingan pemilik media yang tergambar pada pembingkaian berita yang dilakukan oleh media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pembingkaian yang dilakukan oleh portal berita online medcom.id dalam memberitakan kampanye pemilihan presiden 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis framing Robert N. Entman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medcom.id terbukti melakukan pembingkaian dengan menggunakan politik identitas dalam pemberitaan kampanye pilpres 2019. Dari hasil penelitian terhadap pembingkaian politik identitas yang dilakukan oleh medcom.id lebih banyak mengandung unsur penonjolan pada suku dan agama. Kata kunci: Politik Identitas, Analisis Framing, Kampanye Pilpres 2019

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 07:54
Last Modified: 25 May 2021 07:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29710

Actions (login required)

View Item View Item