HUBUNGAN KEPATUHAN DENGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI MR LANJUTAN DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR RAMI KABUPATEN MUKO-MUKO, BENGKULU 2020

NAIBAHO, ELSA MATHICA (2020) HUBUNGAN KEPATUHAN DENGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI MR LANJUTAN DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR RAMI KABUPATEN MUKO-MUKO, BENGKULU 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Imunisasi Measles Rubella merupakan pemberian vaksin hidup yang dilemahkan yang memberikan kekebalan tubuh kepada seseorang. Imunisasi MR (Measles Rubella) yaitu vaksin yang berfungsi untuk memberikan kekebalan dari dua penyakit yaitu campak (Measles) dan rubella yang dikenal juga Campak Jerman. Indonesia sendiri belum mencapai target cakupan imunisasi MR yang ditetapkan yaitu 95 %, hal ini disebabkan oleh beberapa penyebab yaitu kekawatiran akan efek samping vaksin, adanya masalah penerimaan akan faktor kepercayaan, keluarga tidak mengizinkan, sibuk dan kurangnya kepatuhan ibu yang disebabkan kurangnya pengetahuan ibu dalam mengolah informasi. Selain itu, diperlukannya peran pemerintah dalam melalukan pengawasan di daerah Indonesia yang masih belum mendapat cakupan imunisasi, agar cakupan target imunisasi dapat tercapai di seluruh Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan kepatuhan pemberian imunisasi di wilayah kerja Puskesmas Air Rami Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain studi cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-random consecutive sampling. Penelitian ini mulai dilakukan pada bulan Januari - Februari 2020 pada 142 responden. Dari 142 responden terdapat 62 (43,7%) ibu dengan pengetahuan kurang dan 80 (56,3%) ibu dengan pengetahuan cukup. Dari 62 ibu pengetahuan kurang 38 (61,3%) ibu tidak patuh imunisasi dan 24 (38,7%) ibu patuh imunisasi. Sedangkan 80 ibu pengetahuan cukup 27 (33,7%) ibu tidak patuh imunisasi dan 53 (66,3%) ibu patuh imunisasi. Pada penelitian ini, terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan kepatuhan imunisasi MR (p =0,001) dan PR=1,78.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan ibu, imunisasi MR (Measles Rubella)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:22
Last Modified: 27 May 2024 14:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29714

Actions (login required)

View Item View Item