STUDI TENTANG MOTIVASI ARMY JAKARTA DALAM MEMBELI MERCHANDISE IDOLA (STUDI KASUS KAOS UNIQLO X BT21)

RUTHLLIANIE, JOHANNA (2020) STUDI TENTANG MOTIVASI ARMY JAKARTA DALAM MEMBELI MERCHANDISE IDOLA (STUDI KASUS KAOS UNIQLO X BT21). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
JOHANNA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengangkat tentang motivasi individu dalam keputusan pembelian merchandise idola. Konsep yang digunakan yaitu motivasi dan keputusan pembelian. Konsep motivasi meliputi sumber motivasi, yaitu melalui motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Sedangkan untuk keputusan pembelian melalui lima tahapan yaitu, mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Penelitian ini menggunakan studi kasus terhadap kaos Uniqlo X BT21 dengan metodologi kualiatif. Hasil penelitian ini yaitu motivasi yang menyebabkan pembelian kaos Uniqlo X BT21. Interaksi parasosial terbukti mampu untuk mempengaruhi pembelian merchandise. Semakin lekat sebuah hubungan parasosial, maka akan semakin tinggi motivasi minat beli. Kaloborasi yang diadakan Uniqlo dengan BTS dapat dikatakan berhasil menarik minat penggemar. Sehingga kolaborasi merek dan pulic figure kini merupakan sebuah strategi yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk. Pebisnis perlu melihat peluang yang hadir dalam fenomena tersebut. Kata Kunci: motivasi, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 08:13
Last Modified: 25 May 2021 08:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29724

Actions (login required)

View Item View Item