ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, HARGA SAHAM, DAN JUMLAH ANGGOTA DEWAN DIREKSI TERHADAP PRAKTIK INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2011

Olive, Fidella (2013) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, HARGA SAHAM, DAN JUMLAH ANGGOTA DEWAN DIREKSI TERHADAP PRAKTIK INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Fidella Olive 125090241 Abstrak.pdf

Download (29kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI melakukan praktik income smoothing serta mengetahui apakah variabel ukuran perusahaan, harga saham, dan jumlah anggota dewan direksi berpengaruh terhadap praktik income smoothing. Penelitian ini menggunakan data dari 58 sampel perusahaan manufaktur pada tahun 2009-2011 dengan cara menghitung indeks Eckel, lalu diuji menggunakan pengujian multivariate secara serentak maupun terpisah dengan bantuan program komputer SPSS for Windows 19.00. Hasil perhitungan Indeks Eckel membuktikan bahwa terdapat praktik income smoothing pada perusahaan yang diteliti. Berdasarkan hasil pengujian multivariate secara serentak maupun terpisah, diperoleh hasil bahwa variabel ukuran perusahaan dan harga saham tidak berpengaruh terhadap praktik income smoothing, sementara jumlah anggota dewan direksi berpengaruh terhadap praktik income smoothing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 May 2021 08:32
Last Modified: 25 May 2021 08:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29730

Actions (login required)

View Item View Item