PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DI KONVERGENSI MEDIA TERHADAP BRAND AWARENESS (STUDI IKLAN TIKET.COM DI YOUTUBE PADA KALANGAN GENERASI Z DI JAKARTA)

HERLYANA, FELICIA (2020) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DI KONVERGENSI MEDIA TERHADAP BRAND AWARENESS (STUDI IKLAN TIKET.COM DI YOUTUBE PADA KALANGAN GENERASI Z DI JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FELICIA HERLYANA .pdf

Download (181kB)

Abstract

Abstrak : Hadirnya media sosial meningkatkan kemajuan teknologi. Berbagai platform media sosial saat ini sangat diminati dari berbagai kalangan, terutama kalangan muda. Salah satu media sosial yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia adalah YouTube. Selain menjadi sarana hiburan, YouTube juga digunakan sebagai sarana promosi. Dengan penggunaan YouTube untuk media promosi mempermudah perusahaan menjangkau kalangan muda sebagai target utamanya. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan perkembangan media sosial adalah Tiket.com. Dengan melakukan penjualan melalui YouTube, dapat meningkatkan brand awareness masyarakat. Brand awareness dapat dipicu dari daya tarik sebuah iklan yang menarik perhatian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh daya tarik iklan Tiket.com di YouTube terhadap brand awareness generasi Z di Jakarta. Adapun landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media sosial, konvergensi media, daya tarik iklan dan brand awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format eksplanasi dengan metode penelitian survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi Z di Jakarta dan sampel yang dibutuhkan adalah 115 responden. Hasil penelitian terhadap 115 responden menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dalam variabel daya tarik iklan Tiket.com di YouTube terhadap brand awareness generasi Z di Jakarta. Dimensi dalam variabel Daya Tarik Iklan (X) yang paling kuat mempengaruhi brand awareness (Y) adalah makna. Kata kunci: Media Sosial, YouTube, Daya Tarik Iklan, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 27 May 2021 03:50
Last Modified: 27 May 2021 03:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29795

Actions (login required)

View Item View Item