Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Tiket Pesawat Secara Online untuk Tujuan Berlibur

Tunjungsari, Hetty Karunia and Suryajaya, Ryan Paulus (2012) Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Tiket Pesawat Secara Online untuk Tujuan Berlibur. Karya Ilmiah Dosen. ISSN 2302-7770

[img] Text
2304-4980-1-SM.pdf - Published Version

Download (658kB)

Abstract

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai maskapai penerbangan saat ini adalah penyediaan layanan pembelian tiket pesawat secara online, yang dapat dilakukan dengan mudah secara mandiri oleh para konsumen kapan saja dan dimana saja. penjualan tiket pesawat secara online ini bahkan memungkinkan konsumen untuk merencanakan perjalan mereka jauh sebelum tanggal penerbangan, termasuk perjalanan yang dilakukan untuk tujuan berlibur. penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-service quality terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian tiket peswat secara online, khususnya untuk tujuan berlibur. sembilan komponen e-service quality, kemudahan penggunaan, desain situs, kehandalan, ketersediaan sistem, privasi, responsivitas, empati, pengalaman, dan kepercayaan diuji bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. 100 orang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta diminta untuk berpartisipasi dalam mengisi kuesioner penelitian ini. secara statistik, seluruh hipotesis dalam penelitian ini didukung oleh data. hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality mempengaruhi kepuasan konsumen, dimana semakin baik e-service quality suatu suatu maskapai penerbangan maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen, terutama konsumen yang melakukan pembelian tiket secara online untuk tujuan berlibur. secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi pada perkembangan riset di bidang pemasaran, khususnya berkaitan dengan evaluasi konsumen atas e-service quality yang dilaksanakan oleh pemasar. riset ini juga memberikan landasan bagi para pemasar untuk dapat mengembangkan konsep e-service quality yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:54
Last Modified: 04 Apr 2017 06:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item