Gambaran Gejala Genitourinary Syndrome pada Perempuan Pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta Barat

CANGGARA, Melisa (2020) Gambaran Gejala Genitourinary Syndrome pada Perempuan Pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta Barat. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Angka harapan hidup yang terus meningkat khususnya pada perempuan mengakibatkan semakin banyaknya perempuan yang mengalami menopause. Menopause adalah suatu keadaan yang diakibatkan berkurangnya produksi estrogen sehingga dapat menyebabkan timbulnya berbagai keluhan pada traktus genitourinarius. Tercatat bahwa lebih dari 50% perempuan pascamenopause merasakan keluhari genitourinary syndrome yang berdampak pada penurunan kualitas hidupnya. Genitourinary syndrome of menopause adalah kumpulan gejala menopause yang berhubungan dengan perubahan fisik pada vulva, vagina dan saluran kemih bagian bawah yang terjadi pada perempuan yang mengalami menopause. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gejala dan juga tingkat keluhan genitourinary syndrome yang dirasakan responden. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta Barat, dengan total responden sebanyak 39 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner mengenai gejala terkait genitourinary syndrome dan kuesioner MRS (menopause raring scale). Hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas responden mengeluhkan gejala tidak mampu menahan buang air kecil (79,49%) dengan tingkat keluhan berada pada tingkat menengah. Berdasarkan gejala genital, sebagian besar responden (61,54%) mengeluhkan kekeringan pada area genital yang dikeluhkan pada tingkat ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Andriana Kumala
Uncontrolled Keywords: Genitourinary Syndrome, Genitourinary Syndrome of Menopause, menopause, Sindrom urogenital, Pascamenopause.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:37
Last Modified: 27 May 2024 13:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29849

Actions (login required)

View Item View Item