EKSTRAK BUAH MATOA, POMETIA FINN ATA: PROFIL FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN, DAN UJI TOKSISITAS

BINUI, Evander (2020) EKSTRAK BUAH MATOA, POMETIA FINN ATA: PROFIL FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN, DAN UJI TOKSISITAS. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Stres oksidatif memegang peranan yang penting dalam patogenesis berbagai macam penyakit seperti diabetes, penyakit pani obstruktif kronik, penyakit ginjal kronik, penyakit kardiovaskuler kronik, penyakit neurodegeneratif kronik, dan kanker. Stres oksidatif ini terjadi apabila adanya ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan. Oleh karena itu untuk mengembalikan keseimbangan tersebut dibutuhkan antioksidan yang cukup. Antioksidan ini dapat diperoleh dari senyawa fitokimia bahan-bahan herbal seperti buah matoa (Pometia pinrtata). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil fitokimia, kapasitas antioksidan, kadar fenolik total, kadar alkaloid total, dan toksisitas ekstrak buah matoa. Untuk itu dilakukan beberapa pengujian secara in vitro dan bioassay yaitu, uji fitokimia berdasarkan Harborae, uji kapasitas antioksidan dengan metode DPPH, pengukuran kadar fenolik total, pengukuran kadar alkaloid total, dan uji toksisitas dengan metode BSLT. Setelah dilakukan pengujian tersebut didapatkan hasil sebagai berikut: uji fitokimia ekstrak mengandung alkaloid, antosianin, betasianin, kardio glikosida, flavonoid, glikosida, fenolik, kuinon, saponin, terpenoid, dan tanin; uji kapasitas antioksidan (IC50 = 4757,19 (ig/mL); kadar fenolik total (884,46 ].ig/mL); kadar alkaloid total (2,59 p.g/mL); uji toksisitas (LC50 = 402,92 (jg/mL). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ekstrak buah matoa bersifat antioksidan lemah dan toksik. Hasil toksisitas tersebut menandakan bahwa ekstrak ini memiliki potensi sebagai antimitosis sedangkan kadar fenolik dan alkaloid total tersebut merupakan kadar senyawa yang berperan sebagai antioksidan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hendrawan, Siufui
Uncontrolled Keywords: Pometiapinnata, profil fitokimia, kapasitas antioksidan, kadar fenolik dan alkaloid total, uji toksisitas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:40
Last Modified: 27 May 2024 13:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item