GAMBARAN ANGKA KEJADIAN INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA BARAT

ANGGRAINI, JERICA (2020) GAMBARAN ANGKA KEJADIAN INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PEREMPUAN PASCAMENOPAUSE DI PANTI WERDHA WISMA MULIA DAN PANTI WERDHA BEREA JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan meningkatnya sistem pelayanan kesehatan, angka harapan hidup juga semakin meningkat. Hal ini menjadikan jumlah populasi perempuan pascamenopause meningkat. Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada lansia. Berbagai patogen dapat menyebabkari ISK, tetapi yang paling umum adalah Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Staphylococcus saprophytic us, Enterococcus faecaiis, dan Proteus mirabilis. Infeksi ini dapat terjadi pada bagian manapun dari saluran kemih yaitu ginjal, ureter, vesika urinaria, dan uretra. Insidensi ISK akan meningkat pada perempuan pascamenopause dan 30% mengalami rekurensi. Penurunan kadar estrogen pada perempuan menopause menyebabkan terhambatnya proliferasi flora normal sehingga pH vagina berubah dan perubahan struktur genitourinaria. Perubahan ini meningkatkan risiko terjadinya ISK pada perempuan menopause. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran urinalisis, gejala, dan prevalensi ISK pada perempuan pascamenopause di Panti Werdha Wisma Mulia dan Panti Werdha Berea Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Desember 2019 dengan total responden sebanyak 37 orang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif cross-sectional dan respoden diambil dengan teknik non-probability sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner terkait gejala ISK, urinalisis kimia dan mikroskopik urin. Hasil penelitian ini didapatkan mayoritas responden (51,4%) memiliki riwayat ISK sebelumnya dan 40,5% mengaku menderita diabetes melitus. Didapatkan prevalensi ISK sebesar 64,8% dengan gejala yang paling banyak adalah nokturia(75,7%) dan urgensi (73%). Berdasarkan hasil urinalisis didapatkan adanya nitrit dan leukosit esterase positif pada 21,6% responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Andriana Kumala
Uncontrolled Keywords: Infeksi Saluran Kemih (ISK), Menopause, Nokturia, Urgensi.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:20
Last Modified: 27 May 2024 14:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29854

Actions (login required)

View Item View Item