PENGARUH EVOLUSI VIRUS H3N2 TERHADAP PERUBAHAN HEMAGLUTININ NEURAMINIDASE DAN EFEKNYA TERHADAP ANTIGENISITAS DI INDONESIA TAHUN 2005-2019

ANGGASTA, GIOVANI (2020) PENGARUH EVOLUSI VIRUS H3N2 TERHADAP PERUBAHAN HEMAGLUTININ NEURAMINIDASE DAN EFEKNYA TERHADAP ANTIGENISITAS DI INDONESIA TAHUN 2005-2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang: Virus H3N2 menyebabkan terjadinya salah satu pandemi sejak kemunculanriya pada tahun 1968 yang mengakibatkan lebih dari satu juta kematian di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh adanya evolusi virus, di mana pada evolusi tersebut terjadi perubahan pada gen hemaglutinin (HA) dan neuraminidase (NA) sebagai dua glikoprotein permukaan yang berperan penting sebagai target utama dari sistem imun pejamu. PeneJitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh evolusi virus H3N2 terhadap perubahan HA NA dan efeknya terhadap antigenisitas, di mana antigenisitas mempengaruhi kemampuan antibodi untuk mengenali virus influenza yang telah bermutasi. Metode: Terdapat 133 data HA dan 130 NA yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dikumpulkan dari bank data G1SA1D, lalu diolah dengan metode in silico dengan pembuatan pohon filogenetik menggunakan software MEGA-X dan prediksi antigenisitas menggunakan server 1EDB dan Vaxijen 2.0. Hasil: Pada penelitian ini, terdapat evolusi pada gen HA dan NA dari virus H3N2 di Indonesia dari tahun 2005 sampai 2019 yang mengakibatkan munculnya berbagai varian epitop yang berbeda dari epitop sekuens ancestor. Hal ini berdampak pada perubahan antigenisitas yang naik, turun dan menjadi non antigen. Di mana terdapat penurunan antigenisitas pada data gen HA dan NA tahun 2019 jika dibandingkan dengan sekuens ancestor. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah evolusi virus H3N2 yang menimbulkan perubahan pada HA dan NA mengakibatkan penurunan antigenisitas pada data HA dan NA tahun 2019 yang berkemungkinan masih terus berevolusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sidarta, Erick
Uncontrolled Keywords: H3N2, evolusi, hemaglutinin, neuraminidase, antigenisitas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:19
Last Modified: 27 May 2024 14:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29858

Actions (login required)

View Item View Item