GAMBARAN HEMATOLOGI (HEMOGLOBIN, LEUKOSIT, TROMBOSIT, HEMATOKRIT, MCV, MCH & MCHC) PADA LANJUT USIA DI PANTI WERDHA SALAM SEJAHTERA

RIKIN, JESINTIA MEITA (2020) GAMBARAN HEMATOLOGI (HEMOGLOBIN, LEUKOSIT, TROMBOSIT, HEMATOKRIT, MCV, MCH & MCHC) PADA LANJUT USIA DI PANTI WERDHA SALAM SEJAHTERA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lansia adalah seseorang yang telah berusia 60 tahun dan lebih. Meningkatnya angka harapan hidup menyebabkan jumlah populasi lansia semakin meningkat. Hal ini dapat meriingkatkan tingginya angka kesakitan di Indonesia terutama pada lansia. Bertambahnya usia, pada lansia akan mengubah struktur dan fungsi berbagai organ sehingga rentan terkena penyakit. Salah satu sistem yang mengalami perubahan adalah sistem hematopoetik yang dapat mempengaruhi jumlah dan struktur komponen darah. Perubahan yang terjadi pada lansia ini tidak selalu menimbulkan kelainan atau keluhan sehingga perlu untuk mencari nilai referensi hasil pemeriksaan laboratorium khusus pada lansia. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran nilai hematologi (hemoglobin, leukosit, trombosit, hematokrit, MCV, MCH, dan MCHC) pada lanjut usia dilaksanakan di Panti Wredha Salam Sejahtera, Bogor. Penelitian ini mendapatkan 55 responden yang darahnya diambil dan dilakukari pemeriksaan dengan menggunakan alat autoanalyzer hematologi. Penelitian dengan metode studi deskriptif ini mendapatkan hasil mayoritas responden memiliki kadar hemoglobin, trombosit, leukosit, hematokrit, MCV, MCH, dan MCHC dalam batas normal dan tidak dapat dibedakan dengan dewasa muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ludong, Marina M.
Uncontrolled Keywords: Referensi nilai Hematologi, hemoglobin, leukosit, trombosit, hematokrit
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:19
Last Modified: 27 May 2024 14:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item