GAMBARAN PERILAKU KEBERSIHAN DIRI TERKAIT INVESTASI KUTU KEPALA PADA SANTRIWATI YANG TERKENA INVESTASI KUTU KEPALA DI PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH, RIAU TAHUN 2020

ANALDI, VANESSA (2020) GAMBARAN PERILAKU KEBERSIHAN DIRI TERKAIT INVESTASI KUTU KEPALA PADA SANTRIWATI YANG TERKENA INVESTASI KUTU KEPALA DI PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH, RIAU TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Investasi kutu kepala merupakan suatu masalah kesehatan umum yang ditemukan di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran salah satu faktor risiko yaitu perilaku kebersihan diri yang terkait pada seseorang dengan investasi kutu kepala, diharapkan hasil peneJitian ini dapat raenarabah informasi mengenai perilaku kebersihan diri yang mempengaruhi investasi sehingga dapat raempermudah pencegahan dan mengurangi angka kejadian investasi kutu kepala. Penelitian deskriptif yang dilakukan pada 152 santriwati dengan investasi kutu kepala. Sampel diambil dengan metode pengambilan raenurut tujuan. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah, Riau pada tanggal 13-15 Januari 2020. Inspeksi kepala dan rarabut serta pengisian kuesioner perilaku kebersihan diri terkait investasi kutu kepala oleh santriwati yang memenuhi kriteria inklusi. Pengolahan data dilakukan dengan raenggunakan SPSS v. 17. Terdapat 152 santriwati yang mengalami investasi kutu kepala, sehingga diketahui terdapat kejadian investasi kutu kepala di Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah, Riau. Mayoritas santriwati yang mengalami investasi kutu kepala memiliki perilaku kebersihan diri yang baik (88,2%). fContak antarkepala dengan penderita merupakan cara transmisi kutu kepala yang utama, diperlukan pengobatan sekaligus pada santriwati yang mengalami investasi kutu kepala untuk menghentikan transmisi kutu kepala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Santoso, Irene Dorthy
Uncontrolled Keywords: pediculosis capitis, kutu kepala, perilaku kebersihan diri, pondok pesantren
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:19
Last Modified: 27 May 2024 14:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29866

Actions (login required)

View Item View Item