EFEK PENYULUHAN TENTANG TINEA VERSIKOLOR DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH KECAMATAN KAMPAR, RIAU DESEMBER 2019 - FEBRUARI 2020

IRA WAN, CINDY (2020) EFEK PENYULUHAN TENTANG TINEA VERSIKOLOR DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH KECAMATAN KAMPAR, RIAU DESEMBER 2019 - FEBRUARI 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tinea versikolor (TV) merupakan penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur spesies Malassezia, dilaporkan di seluruh dunia terutama daerah yang panas dan lembab, 50% terjadi pada negara tropis. Infeksi ini ditandai dengan mam kemerahan berbatas tegas, bersisik, dan plak tipis yang dapat menjadi hipopigmentasi dan hiperpigmentasi. Tingkat pengetahuan yang baik dapat raembantu mengurangi risiko peningkatan kejadian TV, salah satunya dengan melakukan penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan mengenai TV pada santriwati Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah Kecamatan Kampar, Riau sebelum dan sesudah diberi penyuluhan dengan media video. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimental one group pre-test dan post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2019 - Februari 2020 pada 76 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan 1 responden (1,3%) berpengetahuan baik, 55 responden (73,7%) dengan pengetahuan cukup, dan 20 responden (26,3%) dengan pengetahuan kurang sebelum diberikan penyuluhan, sedangkan setelah penyuluhan menjadi sebanyak 70 responden (92,1%) berpengetahuan baik, 6 responden (7,9%) dengan pengetahuan cukup, dan tidak ada yang berpengetahuan buruk. Pada penelitian ini didapatkan perbedaan yang bermakna antara pengetahuan TV sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media video (p — 0,000).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Santoso, Irene Dorthy
Uncontrolled Keywords: Tinea versikolor, media audiovisual, pengetahuan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:18
Last Modified: 27 May 2024 14:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item View Item