HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU DENGAN PERSEPSI DAN PERILAKU IBU DALAM MEMILIH MINUMAN RINGAN UNTUK ANAK DI SDN PONDOK BAMBU 07 PAGI TAHUN 2020

ZAHRANI, FAIRIN (2020) HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU DENGAN PERSEPSI DAN PERILAKU IBU DALAM MEMILIH MINUMAN RINGAN UNTUK ANAK DI SDN PONDOK BAMBU 07 PAGI TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minuman ringan sangat diminati masyarakat tidak terkecuali anak- anak. Minuman ringan adalah minuman non alkohol yang termasuk minuman olahan berbentuk cair atau bubuk dan mengandung bahan tambahan alami atau sintetik yang dikemas dengan kemasan siap saji. Kebiasaan anak dalam mengonsumsi minuman ringan dipengaruhi oleh keluarga, terutama ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu dengan persepsi dan perilaku dalam memilih minuman ringan untuk anak. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional, mengambil sebanyak 67 responden yaitu ibu yang anaknya berada di kelas satu SDN Pondok Bambu 07 Pagi dengan menggunakan metode consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukan perilaku dan persepsi ibu. Perilaku dapat ditinjau dari berbagai macam aspek, salah satunya dari 65 responden (97,1%) yang pernah membeli minuman ringan untuk anak sebanyak 38 respondennya (56,8%) selalu membaca label/informasi produk dalam memilih minuman ringan. Untuk persepsi didapatkan sebanyak 62 responden (92,5%) memiliki persepsi positif terhadap minuman ringan. Hasil uji statistik menunjukan karakteristik ibu meliputi usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan berhubungan dengan persepsi dan perilaku ibu dengan nilai p<0.05. Ibu diharapkan menjadi conloh yang baik agar anak mengikutinya, termasuk dalam pemilihan minuman ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: karakteristik ibu,persepsi, perilaku, minuman ringan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:14
Last Modified: 27 May 2024 14:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29905

Actions (login required)

View Item View Item