HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2018

SARI, DIANA NOVITA (2020) HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan jenis penundaan yang berkaitan dengan bidang akademik dan menjadi salah satu masalah yang dirasakan oleh mahasiswa karena raenghambat tujuan belajar serta tnrunnya prestasi akademik di perkuliahan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya kontrol diri pada mahasiswa agar mampu memusatkan perhatiannya kepada tanggung jawab akademik sehingga dapat mencegah prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian analitik cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Univesitas Tarumanegara Angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel 82 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata kontrol diri sebesar 143 (11,56) dan nilai rerata prokrastinasi akademik sebesar 36,83 (4,29). Dari hasil uji hipotesis meggunakan korelasi product moment pearson terdapat hubungan signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas Kedokteran Tarumanagara angkatan 2018 dengan nilai p = 0,008 (p<0,5) dan nilai korelasi (r) = -0,29 yang mengambarkan hubungan korelasi negatif antara variabel kontrol diri dan prokrastinasi akademik. Disarankan bagi mahasiswa agar dapat meningkatkan kontrol diri sebagai upaya mencegah perilaku prokrastinasi akademik agar memiliki tanggung jawab terhadap tugas-tugas akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Chris, Arlends
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, mahasiswa, prokrastinasi akademik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:13
Last Modified: 27 May 2024 14:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29911

Actions (login required)

View Item View Item