HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAISABUN PADA SISWA SISWIKELAS 5 DI SD MIN KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS, PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

PERMATA, DATA WANA INDAH (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAISABUN PADA SISWA SISWIKELAS 5 DI SD MIN KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS, PONTIANAK KALIMANTAN BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tangan merupakan salah satu akses peraritara masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Diare adalah salah satu penyakit yang bias ditularkan melalui tangan. Penyakit yang bias ditularkan melalui tangan salah satunya adalah diare. Menurut WHO diare merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada anak didunia Di Indonesia diare menempati urutan pertama, sedangkan di Kalimantan Barat kejadian diare mencapai 33,06%. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun adalah cara sederhana untuk mencegah diare. Data rikesdas (2018) menyatakan proporsi CTPS di Indonesia sebanyak 47%, sedangkan di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat berdasarkan studi EHRA 2013 hanya 28%. Hal ini menyadarkan pemerintah akan pentingnya membina kebiasaan CTPS sejak masa kanak-kanak terutama usia 7-13 tahun karena pada masa ini pola piker logis anak sudah berkembang. Sekolah dasar MIN Pemangkat juga mengadakan pembinaan CTPS namun belum ada data mengenai sikap dan perilaku siswa terhadap CTPS. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa-siswi kelas 5 SD MIN Pemangkat. Penelitian bersifat analitik observasional dengan metode cross sectional ini dilakukan menggunakan kuesioner terhadap 86 responden. Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan baik (70,9%), sikap baik (67,4%), perilaku baik (69,8%)- Berdasarkan analisis Chi-Square tidak didapatkannya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku CTPS (p-vatue 0,584;PRR 0,884), dan dengan sikap (p-value 0,746;PRR 0,911), antara sikap dengan perilaku CTPS fp-value 1,00;PRR 0,966) juga tidak didapatkannya adanya hubungan. Kesimpulan tidak didapatkannya hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku CTPS pada siswa kelas 5 SD MIN Pemangkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Atzmardina, Zita
Uncontrolled Keywords: cuci tangan, Pengetahuan, sikap, perilaku, anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:12
Last Modified: 27 May 2024 14:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29914

Actions (login required)

View Item View Item