HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020

RIZAL, ANNISA MARINDA SYACH (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Imunisasi merupakan suatu tindakan yang dilakukan dalam upaya perlindungan kesehatan anak terhadap beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Pada setiap bayi (usia 0-11 bulan) diwajibkan melakukan imunisasi. Kelengkapan imunisasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya pengetahuan dan sikap orang tua mengenai imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu terhadap kelengkapan imunisasi dasar di Puskesmas Babakan Madang. Desain penelitian ini analitik observasional dengan menggunakan metode cross sectional, dengan subjek penelitian ini terdiri 140 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai imunisasi dan untuk analisis bivariat menggunakan metode Chi Square. Dilakukan di Puskesmas Babakan Madang Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini diperoleh mayoritas responden berusia 20 sampai 35 tahun sebanyak 104 responden (74,3%) dengan tingkat pendidikan menengah sebanyak 82 responden (58,6%) dan mayoritas responden bekerja sebagai ibu rumah tangga sebanyak 113 responden (80,7%) serta didapatkan pula hasil bahwa sebanyak 62 responden (44,3%) berpengetahuan cukup dan 123 responden (87,9%) bersikap positif dengan 124 responden (88,6%) kelengkapan pada imunisasi. Dengan nilai p value (0,000) untuk pengetahuan dan (0,013) untuk sikap, dan menunjukan terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Atzmardina, Zita
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan imunisasi dasar, pengetahuan, sikap
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:10
Last Modified: 27 May 2024 14:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item View Item